24
Sep
08

Alhamdulillah, saya jadi TA (Bagian 1)

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh,

Teaching Assistant.. hmmm, dua kata yang cukup menyeramkan sebenarnya buatku. Di awal semester yang lalu Jay dan Silvia, memintaku untuk menjadi Teaching Assistant Mata Kuliah Financial Management, bersama Professor Chang, Sao-Chi. Weks, bukannya diriku paling bodoh di bidang ini, haha.. Tapi Alhmadulillah, waktu semester satu, justru nilai hasil ujianku mencapai 84 kog. Professor Chang adalah seorang pengajar yang sangat cerdas, atraktif dan menginspirasi mahasiswa. Ph.D lulusan State University of New York Buffalo, USA itu seringkali menyatakan “welcome to the jungle”, ketika kami sedang dalam keadaan bingung menghadapi perkuliahan.

Kontan saja, para mahasisa gerrr mendengar beliau mengatakan hal tersebut. Sebagai seorang yang terus ingin berkarya di dunia akademisi, aku ingin sekali belajar banyak dengan beliau mengenai teaching style. Asli, semua mahasiswa senang dengan kepribadian dan cara mengajar Pak Chang ini, beliaupun tak segan mengakui kesalahan ataupun menyatakan tidak tau, jikalau memang tidak faham mengenai sesuatu hal yang ditanyakan oleh mahasiswa. Dengan kata lain sih, nggak maksa tau, padahal nggak tau.. HEBAT!!

Dua hari setelah itu, akupun berkirim email kepada beliau, tapi kog nggak dibalas balas ya?? hehehe.. sabar euiii... Jam 7 malam, tepatnya setelah buka berasama warga Muslim Tainan, ponselku berbunyi.. Hi, Yordan, this is Silvia.. itu kalimat yang pertama aku denger. “Aku minta maaf nih, karena ternyata Professor Chang sudah menunjuk student lain sejak semester yang lalu, untuk menjadi TA-nya.. Dieng!!! Kaget banged aku. (Kecewa tujuh turunan rasanya, haha.. berlebihan.. berlebihan.. ).

Silvia kemudian mengatakan bahwa ada seorang Professor baru, yaitu Professor Yang, Ann Shawing, yang baru saja bergabung dengan IIMBA NCKU sedang mencari beberapa TA untuk beberapa Mata Kuliah. Nasib.. nasib.. nggak jauh jauh deh hidup dari finance yang tak kusukai ini (tapi yakin nih, pasti cara ini diberikan Allah agar aku faham mengenai finance itu sendiri). Silvia menyuruhku untuk datang besoknya untuk di interview oleh sang professor yang mengajar dua Mata Kuliah ini, yaitu: Theory of Finance dan International Finance. Malamnya, kucari informasi tentang si Professor yang ternyata ternyata cewek, masih muda dan… biasanya sih kalau kayak gini.. hmmm, satu kata deh.. she is perfectionist. Halah, malah nebak kemana mana, hihihihi…

Besok siangnya, tepat setelah sholat Zuhur aku bergegas menuju kampus.. Di depan gedung IIMBA, kuparkir sepedaku.. baru mengunci sepeda, ponselku berbunyi.. Hallo Yordan, this is Yang.. Professor Yang, would you like to come to my office. I wanna interview you regarding the the TA of my courses.

Kujawab, bahwa aku sudah berada di depan gedung dan 1 menit kemudian, aku sudah berada di depan ruangan beliau. take a sit, itu kalimat pertama Ph,D. lulusan Institut d’Etudes Politiques de Paris, Perancis ini.

Dan mulailah pertanyaan bertubi tubi diajukan kepada diriku, mulai dari nationality, berapa nilai Financial Management-ku, siapa advisor thesis, aktifitas sejak S1, kenapa milih dia, mau Ph.D atau nggak.. rame dah, termasuk pertanyaan tentang pengalaman bersentuhan dengan dunia akademik, kalau dihitung hitung, ada deh 1 jam tuh Professor nanayain aku selengkap lengkapnya.. Kayak interview kerja aje ya Om..

Fiuh, dua kali aku diwawancarai seperti ini di NCKU ini, setelah beberapa bulan yang lalu Professor Hsi-An Shih menginterviewku untuk jadi advisee-nya. Agak sulit memang untuk menjadi advisee Doktor lulusan Bradford, UK itu. Tapi Alhamdulillah, dari sejumlah mahasiwa yang apply, aku termasuk yang lucky diterima beliau sebagai advisee.. Thanks Professor Hsi-An.

Kembali ke Professor Yang, Alhamdulillah dia menyatakan menerimaku menjadi TA di Mata Kuliah International Finance, untuk dua kelas, yaitu kelas pagi dan malam, tentunya setelah beliau membaca biodata dan menginterviewku, sedangkan Hoang, mahasiswa Ph,D. asal Vietnam, yang sejak awal sudah berada di ruangan beliau, harus menunggu kabar dari beliau, karena masih ada satu mahasiswa lagi yang harus diinterview guan menentukan siapakah TA untuk Theory of Finance. Alhamdulillah, diriku malah dipermudah, ya Allah…

Professor Yang, langsung menelfon Advisorku, Professor Hsi-An Shih, untuk izin “menggunakan” aku sebagai TA-nya. Setelah itu mulai deh, pekerjaaan di kasih. Mulai dari nyusun syllabus, membuat presensi menggunakan passport foto, sampe dengan regulasi khusus dari sang Professor dibahas tuntas, hehehe.. ada deh 3 jam aku nyatet apa yang harus ku kerjakan. Dan.. diakhir, kutanyakan pengalaman pendidikan beliau,.. Wow, rupanya dia diploma lulusan USA, sedangkan Master dan Ph. D-nya lulusan Perancis oi.. dan setengah bercanda aku bertanya… Professor, kenal sama Anggun nggak?? Weks, gua emang rada gila tanya yang gini ginian yak??

Eh, di luar dugaan lo.. beliau jawab.. o.. Indoensian-French itu katanya, orangnya hitam, rambut panjang, singer with nice voice.. Wow, beliau ternyata selama sibuk Ph.D, sempat sempatnya ya mengamati artis atau memang Anggun yang sudah kadung tenar di negeri mode itu ya?? Halah, kog malah ngomongin Anggun sih, hehe.. Tapi emang aku salut dengan perjuangan hidup pelantun “Snow on the Sahara” itu.. Oke.. lupakan si Tua Tua Keladi..

Hari, masuk kelas pertama tiba, ciye… aku rapi amat hari itu, mulai dari kemeja M2, celana panjang hitam, sepatu formal yang disemir mengkilap plus rambut spyke, blue emotions kemana mana baunya deh, hehehehe…. Kelas di mulai jam 9 pagi, tapi aku sudah menuju IMBA Office jam 8. maklum, harus ngurusin banyak hal yang sebenarnya sudah aku siapkan sih sehari sebelumnya, mulai dari setting kelas, student name tag, komputer, LCD, AC, teh panas, air putih, presensi dan lain lain dah.. Ribet kalau ditulis, haha..

Sekitar pukul 8.45, mahasiswa sudah banyak yang berdatangan.. banyak diantara mereka yang tanya.. rapi amat?? ada pesta.. Aje gile.. belom tau dia kalo aku di Indonesia, hehe.. Mereka akhirnya tau kalau aku adalah TA untuk kelas itu. Tepat pukul 9, Professor sudah masuk kelas, dan berkenalan dengan mahasiswa. Weh, ternyata beliau luar biasa deh striknya, mulai dari kehadiran sampe dengan presentasi, benar benar deh, diurusin sedetail detailnya. Telat 10 menit!! Out lah, nggak usah masuk.. weks.. setelah dua jam bereksplorasi dengan para mahasiswa, hehe.. Sang Professorpun menyerahkan kepadaku dan akupun mengumumkan semua hal yang berhubungan dengan kelas, regulasi baru IIMBA sampai dengan special requirement dari beliau tentang MK ini di depan kelas yang mahasiswa berasal dari 20 negara ini. Kesian juga tuh mahasiswa, haha.. EGP!!

Nah, akhirnya kelas berakhir juga euii.. tapi jangan salah.. Masih ada kelas satunya dan persiapan yang harus aku lakukan juga tidak lebih sederhana dari kelas pagi, tewas dah gua!!


0 Responses to “Alhamdulillah, saya jadi TA (Bagian 1)”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

