Archive for September, 2008

25
Sep
08

Alhamdulillah, saya jadi TA (bagian 2)

Assalamu’alaikum waRohmatullahi waBarokatuh,

Ini lanjutan kisah “Alhamdulillah, saya jadi TA” yang pertama sodara sodara, hehe..

Malamnya, kukirimkan email kepada para mahasiswa International Finance, baik yang pagi maupun malam, sebagai berikut (ini contoh untuk kelas malam aja yakz??):

Hi Every body,

I am Yordan Gunawan, the TA of International Finance course. I would like to inform you regarding the new regulation of IIMBA and special directions by the Professor for this class:

1. The class will be started on 6.30pm, please come on time. Professor only give you 15 minutes late tolerance. Hence, if you are late more than 15 minutes ( at 6.45pm), you can not join the class. However,  please let me know, If you will late or can not come to the class with the special case, or you can sent the email to Professor directly.

2. Start from next week we would like to use the NCKU Email (instead of your personal email) to sent everything regarding the courses. So, for the senior student, please write down your NCKU Email only on the list that I will provide in the class, next week.

3. For the student who has no the NCKU Email yet, Please sign up to the NCKU Computer Center. If you still use your personal email, next week, we will ignore your email and dont want to sent everything for you.

4. Please bring your name tag, which provides by the IIMBA Office every week and put it on the table. For juniors you can ask the IIMBA Office. I am sure seniors already have it, because Office already distributed it, last year.

5. For the Juniors of IIMBA and Students from other Departments, please sent your passport picture to me by email before October 23rd, 2008.

6. For the text book, I already order for the 27 students who wrote their name on the list that I provided in the last class. For those who have not order the book, let me know before October 24, 2008. The original price is NTD 1,246, but if we order it together, the NCKU book store will consider to give us a special discount (around 15-20 percent)

7. For the students who moved to the “Thursday Night Class” from “Wednesday Morning Class” or vise versa, please report to the IIMBA office immediately.

8. Please sign on your name only on the attandance list. The TA will check it, every hours (3 times).

Thank you very much. Good Luck and Enjoy the Class!! Jia You!!

Regards,

Yordan Gunawan.

Diluar dugaan, yang membalas dan bertanya lewat emailku ternyata ruame buanget oi.. haha, terpaksalah aku harus membalas email tersebut satu demi satu, hiks..  nasib nasib, haha..

Minggu keduapun hadir, Professor tiba tiba menelfonku dan memintaku mencari academic journal dengan tema yang sudah ditentukan, masing masing minimal 10 jurnal dan ada sekitar 10 tema, Dieng!!! mateng aku, haha.. malam itu aku harus ngubek ubek E-Resource-nya Library NCKU dan mulai mencari jurnal terbaik sesuai tema.. Finally, setelah nggak tidur dua hari, terkumpullah sekitar 75 jurnal. Lumayan deh, gua baik hati, haha.. Semua artikel itu kukirimkan kepada Professor disela sela aku mempersiapkan materi Kajian Ba’da Tarowih Radio FORMMIT, jam 11.00 sampai dengan jam 12.30 malam.

Oiya, sabtu malam itu aku bersama teman teman Muslim Tainan, berada di Kaohsiung guna mengikuti iktikaf di masjid Kaohsiung sampai dengan Ahad pagi, tapi karena besoknya aku sendiri harus kembali mengisi kajian TKI sebelum berbuka, jadilah aku tinggal di masjid sampai dengan jam 10 malam, sementara teman teman yang lain sudah meninggalkan masjid jam 7 pagi.

Senin pagi, Professor membalas emailku dan menyuruhku datang ke kantornya dan tepat jam 2 akupun segera menuju ruangan beliau, dan ada sekitar 30 journals was chosen by her and she told me that I have to make APA Format for all those journals.. Haiyah..

Ku kopi semua jurnal tersbut di flash disk ku, dan.. setelah di kamar.. nggak bisa dibuka semua, huaa….. padahal akan digunakan besok.. mati aku, akhirnya akupun mengirimkan email ke Professor yang menyatakan semua artikel tersebut tak bisa dibuka, tapi tak ada balasan. Ah, mungkin belum diperlukan kali ya, heheh.. itu fikirku..

Nah, akhirnya tibalah pertemuan kedua kelas pagi, setelah menyiapkan segala sesuatunya, aku menemui Professor dan beliau bilang.. gimana kalau ntar setelah break, kamu kopi kembali semua filenya dan buat APA Format-nya??? Wa…. 30 jurnal?? APA Format?? 30 menit?? Bukan kerjaan mudah maaak…

Setengah gontai kulakukan juga tu kerjaan.. lah, mau apa lagi?? Mo makan batu kalo dipecat?? haha.. Alhamdulillah, semua kukerjakan dalam waktu setengah jam saja, entah kekuatan mana yang membutakan mampu mengerjakan semuanya hanya dalam waktu 30 menit sodara sodara.. Hmm… pura pura bodoh, pasti kekuatan Allah-lah.. jawabnya: Ya iyalah.. masak ya iya dong?? hahaha..

Selesai, akupun segera menuju kelas kembali di lantai 4, dan Professorpun langsung memberikan list jurnal tersebut kepada mahasiswa dan akupun berjanji akan meng-upload semua jurnal yang berbentuk PDF itu ke dalam personal website.. Finish deh, hehe..

Setelah kelas berakhir aku bertanya kepada Professor mengenai apa yang harus kukerjakan minggu depan.. Di depan beberapa mahasiswa yang ingin berkonsultasi dengan beliau, beliaupun mengatakan kepadku “Yordan.. Yordan.. You work so hard for me, but I need the TA like you. Smart, fast, taft and nice.. may be you don’t wanna be my TA anymore, in the next semester”… Ku jawab.. hanya dengan senyum dan lirih.. Thanks Professor..Thanks-nya untuk yang mana.. tebak sendiri lah, haha..

Advertisements
24
Sep
08

Alhamdulillah, saya jadi TA (Bagian 1)

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh,

Teaching Assistant.. hmmm, dua kata yang cukup menyeramkan sebenarnya buatku. Di awal semester yang lalu Jay dan Silvia, memintaku untuk menjadi Teaching Assistant Mata Kuliah Financial Management, bersama Professor Chang, Sao-Chi. Weks, bukannya diriku paling bodoh di bidang ini, haha.. Tapi Alhmadulillah, waktu semester satu, justru nilai hasil ujianku mencapai 84 kog. Professor Chang adalah seorang pengajar yang sangat cerdas, atraktif dan menginspirasi mahasiswa. Ph.D lulusan State University of New York Buffalo, USA itu seringkali menyatakan “welcome to the jungle”, ketika kami sedang dalam keadaan bingung menghadapi perkuliahan.

Kontan saja, para mahasisa gerrr mendengar beliau mengatakan hal tersebut. Sebagai seorang yang terus ingin berkarya di dunia akademisi, aku ingin sekali belajar banyak dengan beliau mengenai teaching style. Asli, semua mahasiswa senang dengan kepribadian dan cara mengajar Pak Chang ini, beliaupun tak segan mengakui kesalahan ataupun menyatakan tidak tau, jikalau memang tidak faham mengenai sesuatu hal yang ditanyakan oleh mahasiswa. Dengan kata lain sih, nggak maksa tau, padahal nggak tau.. HEBAT!!

Dua hari setelah itu, akupun berkirim email kepada beliau, tapi kog nggak dibalas balas ya?? hehehe.. sabar euiii... Jam 7 malam, tepatnya setelah buka berasama warga Muslim Tainan, ponselku berbunyi.. Hi, Yordan, this is Silvia.. itu kalimat yang pertama aku denger. “Aku minta maaf nih, karena ternyata Professor Chang sudah menunjuk student lain sejak semester yang lalu, untuk menjadi TA-nya.. Dieng!!! Kaget banged aku. (Kecewa tujuh turunan rasanya, haha.. berlebihan.. berlebihan.. ).

Silvia kemudian mengatakan bahwa ada seorang Professor baru, yaitu Professor Yang, Ann Shawing, yang baru saja bergabung dengan IIMBA NCKU sedang mencari beberapa TA untuk beberapa Mata Kuliah. Nasib.. nasib.. nggak jauh jauh deh hidup dari finance yang tak kusukai ini (tapi yakin nih, pasti cara ini diberikan Allah agar aku faham mengenai finance itu sendiri). Silvia menyuruhku untuk datang besoknya untuk di interview oleh sang professor yang mengajar dua Mata Kuliah ini, yaitu: Theory of Finance dan International Finance. Malamnya, kucari informasi tentang si Professor yang ternyata ternyata cewek, masih muda dan… biasanya sih kalau kayak gini.. hmmm, satu kata deh.. she is perfectionist. Halah, malah nebak kemana mana, hihihihi…

Besok siangnya, tepat setelah sholat Zuhur aku bergegas menuju kampus.. Di depan gedung IIMBA, kuparkir sepedaku.. baru mengunci sepeda, ponselku berbunyi.. Hallo Yordan, this is Yang.. Professor Yang, would you like to come to my office. I wanna interview you regarding the the TA of my courses.

Kujawab, bahwa aku sudah berada di depan gedung dan 1 menit kemudian, aku sudah berada di depan ruangan beliau. take a sit, itu kalimat pertama Ph,D. lulusan Institut d’Etudes Politiques de Paris, Perancis ini.

Dan mulailah pertanyaan bertubi tubi diajukan kepada diriku, mulai dari nationality, berapa nilai Financial Management-ku, siapa advisor thesis, aktifitas sejak S1, kenapa milih dia, mau Ph.D atau nggak.. rame dah, termasuk pertanyaan tentang pengalaman bersentuhan dengan dunia akademik, kalau dihitung hitung, ada deh 1 jam tuh Professor nanayain aku selengkap lengkapnya.. Kayak interview kerja aje ya Om..

Fiuh, dua kali aku diwawancarai seperti ini di NCKU ini, setelah beberapa bulan yang lalu Professor Hsi-An Shih menginterviewku untuk jadi advisee-nya. Agak sulit memang untuk menjadi advisee Doktor lulusan Bradford, UK itu. Tapi Alhamdulillah, dari sejumlah mahasiwa yang apply, aku termasuk yang lucky diterima beliau sebagai advisee.. Thanks Professor Hsi-An.

Kembali ke Professor Yang, Alhamdulillah dia menyatakan menerimaku menjadi TA di Mata Kuliah International Finance, untuk dua kelas, yaitu kelas pagi dan malam, tentunya setelah beliau membaca biodata dan menginterviewku, sedangkan Hoang, mahasiswa Ph,D. asal Vietnam, yang sejak awal sudah berada di ruangan beliau, harus menunggu kabar dari beliau, karena masih ada satu mahasiswa lagi yang harus diinterview guan menentukan siapakah TA untuk Theory of Finance. Alhamdulillah, diriku malah dipermudah, ya Allah…

Professor Yang, langsung menelfon Advisorku, Professor Hsi-An Shih, untuk izin “menggunakan” aku sebagai TA-nya. Setelah itu mulai deh, pekerjaaan di kasih. Mulai dari nyusun syllabus, membuat presensi menggunakan passport foto, sampe dengan regulasi khusus dari sang Professor dibahas tuntas, hehehe.. ada deh 3 jam aku nyatet apa yang harus ku kerjakan. Dan.. diakhir, kutanyakan pengalaman pendidikan beliau,.. Wow, rupanya dia diploma lulusan USA, sedangkan Master dan Ph. D-nya lulusan Perancis oi.. dan setengah bercanda aku bertanya… Professor, kenal sama Anggun nggak?? Weks, gua emang rada gila tanya yang gini ginian yak??

Eh, di luar dugaan lo.. beliau jawab.. o.. Indoensian-French itu katanya, orangnya hitam, rambut panjang, singer with nice voice.. Wow, beliau ternyata selama sibuk Ph.D, sempat sempatnya ya mengamati artis atau memang Anggun yang sudah kadung tenar di negeri mode itu ya?? Halah, kog malah ngomongin Anggun sih, hehe.. Tapi emang aku salut dengan perjuangan hidup pelantun “Snow on the Sahara” itu.. Oke.. lupakan si Tua Tua Keladi..

Hari, masuk kelas pertama tiba, ciye… aku rapi amat hari itu, mulai dari kemeja M2, celana panjang hitam, sepatu formal yang disemir mengkilap plus rambut spyke, blue emotions kemana mana baunya deh, hehehehe…. Kelas di mulai jam 9 pagi, tapi aku sudah menuju IMBA Office jam 8. maklum, harus ngurusin banyak hal yang sebenarnya sudah aku siapkan sih sehari sebelumnya, mulai dari setting kelas, student name tag, komputer, LCD, AC, teh panas, air putih, presensi dan lain lain dah.. Ribet kalau ditulis, haha..

Sekitar pukul 8.45, mahasiswa sudah banyak yang berdatangan.. banyak diantara mereka yang tanya.. rapi amat?? ada pesta.. Aje gile.. belom tau dia kalo aku di Indonesia, hehe.. Mereka akhirnya tau kalau aku adalah TA untuk kelas itu. Tepat pukul 9, Professor sudah masuk kelas, dan berkenalan dengan mahasiswa. Weh, ternyata beliau luar biasa deh striknya, mulai dari kehadiran sampe dengan presentasi, benar benar deh, diurusin sedetail detailnya. Telat 10 menit!! Out lah, nggak usah masuk.. weks.. setelah dua jam bereksplorasi dengan para mahasiswa, hehe.. Sang Professorpun menyerahkan kepadaku dan akupun mengumumkan semua hal yang berhubungan dengan kelas, regulasi baru IIMBA sampai dengan special requirement dari beliau tentang MK ini di depan kelas yang mahasiswa berasal dari 20 negara ini. Kesian juga tuh mahasiswa, haha.. EGP!!

Nah, akhirnya kelas berakhir juga euii.. tapi jangan salah.. Masih ada kelas satunya dan persiapan yang harus aku lakukan juga tidak lebih sederhana dari kelas pagi, tewas dah gua!!

02
Sep
08

Barokah Romadhon..

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh,

Jum’at yang lalu, ketika selesai melakukan sholat di masjid Tainan, seperti biasanya, kami para mahasiswa Muslim Indonesia berkumpul di ruang pertemuan di lantai 2 masjid. Tiba tiba kami di sapa oleh seorang yang sudah sangat kami kenal wajahnya.. Mr. Ali yang berasal dari Pakistan, beliau mengatakan bahwa akan ada buka bersama free, selama Romadhon di Rumah Makan Halal “Ali Baba” yang yang merupakan rumah makan milik salah seorang India Muslim yang telah bermukim di Taiwan ini. Please come to ALi Baba Restaurant, Brothers.. Ask at least 10 persons.. “.

Weks.. minimal 10 orang lo, hehehe.. Alhamdulillah…. boro boro mau makan di sono, kepikiran aja nggak.. Mahal oi.. makan satu porsi yang paling murah aja 60 rebu, belum nambahnya, hehehe…

Di hari pertama, ternyata Dika, dan tiga mahasiswa baru di STUT, yaitu: Edo (alumni ITB), Anas (alumni UNPAD) dan Slamet (alumni IPB) sudah merasakan servis dari RM itu, akhirnya di hari kedua Ramadhan tadi sore, aku bersama 9 teman teman NCKU lainnya akhirnya menginjakkan kaki juga di RM itu.. Jadilah pasukan bersepeda di kawal pasukan bermotor segera menuju ke RM yang berada sekitar 10 menit perjalanan dari kampus kami itu..

Waktu memarkir motor, aku tiba tiba di sapa seorang perempuan Taiwanese yang berbahasa Inggris dengan dialek China. Dia bertanya berapakah jumlah yang datang.. Kujawab saja ada 10 orang.. Aku agak gugup juga sih, jangan-jangan dia fikir kita mau beli nih, hehehe.. Dengan agak gugup aku bercerita kepadanya kalau kami diundang untuk berbuka gratis di Ali Baba oleh Mr. ALi, dan  gadis itupun tersenyum sambil mengatakan, I knew it!!!

Alhamdulillah, dia melayani kami dengan sangat baik, mulai dari menuangkan minuman, membagikan makanan, sampai dengan menunjukkan ruang sholat..

Alhamdulillah, barokah Romadhon.. Kalau nggak karena Romadhon, mana pernah aku dan teman teman makan di tempat semewah itu, cekak euii, hehehe…

Oiya, berikut foto foto urutan menu yang disediakan di RM ini.. Sebenarnya, masih ada lagi sih minuman jahe hangat yang disediakan setalah sholat magrib berjama’ah, tapi karena aku harus menuju ke IIMBA Office (guna mencari sepiring nasi dan sesendok emas, hehehe), Finally, aku harus ngabur duluan dari RM ini bersama Mas Ely..

02
Sep
08

Ramadhan Kedua di Taiwan

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh,

Ahlan wa Sahlan wa Marhaban.. Mohon Maaf Lahir dan Bathin.. Itulah kata yang ingin kuungkapkan guna menyambut bulan suci penuh barokah dan maghfiroh ini…

Diawali dengan rencana dari panitia kecil di bawah bendera FORMMIT Selatan, aku dan beberapa teman-teman mahasiswa di NCKU, STUT, dan NCYU menginisiasi acara Ramadhan Ceria yang insya Allah akan kami semarakkan dengan berbagai kegiatan, antara lain: Buka, sahur dan Tarowih bersama yang akan diselenggarakan di Dormitory Sheng Li 6 NCKU…

Ramadhan kali ini adalah Ramadhan keduaku di negeri orang (halah gayane, hehehe..). Ramadhan di Taiwan memang beda.. Di sela sela kesibukan kuliah, ngelab dan ujian, kami juga menyiapkan fisik dan jiwa kami untuk bertemu dengan bulan yang penuh rahmat dan magfiroh ini.

Cerita dimulai dari seminggu yang lalu, menuju ke Final Exam-nya mata kuliah Managerial Accounting, yang akan di laksanakan pada tanggal 31 Agustus 2008. Kami, saya dan Azman setiap hari harus berjibaku dengan buku MA yang tebalnya tak kurang dari seribu lembar itu. 15 bab oi.. gimana nggak puyeng tewas, hehehe.. disamping itu kami berdua sama sama tidak memiliki background ekonomi, jadi ya?? Pasrah pada nasib, hehehehe..

Di hari Rabu sampai dengan Sabtu malam, kami berdua selalu belajar di Research Room sampai menjelang subuh, setelah sholat subuh lalu kami melanjutkan tidur. Lokasinya?? berbagilah… kalau kursi sofa panjang empuk dibagian depan itu bagianku, sementara Azman lebih suka tidur di musholla yang berada di bagian belakang research room.

Pernah deh ada kejadian memalukan.. Setelah sholat subuh, aku dan Azman kan menempati peraduan masing masing (halah opo iki), trus tau tau waktu aku bangun, kulihat.. maaak, jam 10 pagi?? suasana reseach room sudah rame, kayaknya pada mulai belajar untuk persiapan exam accounting… Waktu bangun dari sang sofa, semua pada ngeliatin aja, trus senyum.. hmm, aku cuma meringis, setelah nyawa ngumpul semua.. aku mikir, apa tadi tidur aku ngorok ya?? hahahaha.. wis, lupakan lah, cuek bebek.. Setelah ke toilet untuk mencuci muka, akupun pulang ke kamar..

Begitulah sampai dengan hari ahad tanggal 31 pagi, kami terus belajar dan Alhamdulillah ketika ujian, lancar lancar saja.. Malamnya, tepat jam 21.30 kami, sekitar 10 mahasiswa Muslim Indonesia sudah mulai mengerjakan sholat tarowih berjamaah, Imam dan kultum dipimpin oleh Azman, sebagai Ketua FORMMIT Selatan. Banyak nasehat yang dia berikan menjelang hari pertama puasa kali ini.

Tepat malamnya, aku tidur sekitar jam 2 pagi dan kuhidupkan alarm tepat jam 3 pagi, jam 3 pagi. aku mulai masak keperluan sahur, karena kebetulan aku, Azman dan Mas Ely secara guyub (opo meneh iki, hehehehe) masak bersama dan akulah chef-nya, haha..

Setelah sholat subuh berjamaah, kamipun melanjutkan ritual selanjutnya… Apaan tuh?? TIDUR!!! hehehehe..

Saatnya mengarungi Lautan Impian di kasur tercinta…

Jia You!!!